BREAKING NEWS

Senin, 28 Agustus 2017

snmptn.ac.id Jadwal Pendaftaran SNMPTN dan PDSS 2018/2019

Snmptn2018.com ~ Tidak lama lagi pendaftaran SNMPTN resmi dibuka, oleh karenanya berikut kami akan berbagi mengenai informasi Jadwal Pendaftaran SNMPTN bersumber dari web resmi pendaftaran SNMPTN dan PDSS 2018/2019 yakni snmptn.ac.id

pendaftaran snmptn 2018

Jika anda seorang siswa yang akan mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa, maka anda wajib melihat jadwal pendaftaran SNMPTN di snmptn.ac.id

Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) akan segera dibukan pendaftarannya. Seleksi jalur SNMPTN ini merupakan salah satu kesempatan besar bagi anda yang ingin mendaftarkan diri ke universitas yang anda inginkan melalui seleksi rapor.

Jika anda merupakan siswa yang memiliki prestasi tinggi, maka seleksi jalur snmptn akan memberikan peluang yang lebih untuk anda. Untuk melihat persyaratan apa saja yang harus anda siapkan, anda juga harus memastikan jadwal pendaftaran SNMPTN di snmptn.ad.id. snmptn.ac.id merupakan situs resmi yang dapat anda buka untuk mendapatkan berbagai informasi yang terpercaya dan memenuhi akan kebutuhan informasi anda terkait seleksi jalur snmptn. Untuk lebih memahaminya, mari simak informasi dibawah ini.

Informasi jadwal pendaftaran SNMPTN di snmptn.ac.id secara lengkap

Pendaftaran diri melalui jalur SNMPTN sudah terjamin akan dibantu oleh sekolah anda masing-masing secara kolektif dan semaksimal mungkin. Sekolah yang anda tempati juga akan bersifat objektif, jujur serta menjunjung tinggi kehormatan dari pendidikan karakter disekolah sehingga sekolah juga dijadikan sebagai suatu elemen dalam mempertimbangkan apakah anda diterima atau tidak di universitas yang kalian inginkan.

Tidak hanya anda para siswa yang harus mengetahui jadwal pendaftaran SNMPTN di snmptn.ac.id, namun pihak sekolah baik guru maupun staff lainnya, wajib mengetahui jadwal tersebut. Di bawah ini akan secara lengkap dan jelas membahas terkait ketentuan umum dan juga jadwal untuk melakukan pendaftaran SNMPTN secara online. Mari simak tujuan dan ketentuan seleksi jalur SNMPTN.

Kesempatan untuk siswa yang berprestasi

Pada dasarnya, seleksi ini bukan dijadikan sebagai jalur khusus untuk siswa berprestasi, melainkan jalur umum untuk seluruh siswa dan siswi yang dapat diakses agar dapat mengikuti ujian melalui hasil rapor. Ujian ini sangat terbuka sehingga tidak akan membedakan bagi siswa atau siswi yang berprestasi atau tidak. Penerimaan siswa dan siswi di seleksi jalur SNMPTN, akan didasarkan kepada regulasi yang berlaku di universitas yang diinginkan mahasiswa tersebut. Kesempatan untuk mengikuti seleksi SNMPTN juga terbuka luas untuk siswa sisiwi Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejurusan (SMK), sekolah swasta dan sekolah yang memiliki derajat yang sama.

Regulasi di PTN

Salah satu tujuan penerimaan seleksi SNMPTN ini juga akan memberikan manfaat bagi pihak perguruan tinggi negeri (PTN). Dengan adanya penerimaan jalur SNMPTN, pihak universitas negeri akan mendapatkan dan menerima calon mahasiswa dan mahasiswi baru yang memiliki prestasi di bagian akademik yang lebih tinggi. Pihak universitas juga akan mendapatkan bukti dari sekolah yaitu melalui rekomendasi yang diberikan sekolah kepada pihak universitas dan juga pihak universitas akan melihat secara langsung hasil dari nilai rapor siswa dan siswi yang berkaitan.

Ketentuan umum

SNMPTN merupakan seleksi calon mahasiswa yang mengutamakan hasil dari prestasi akademik siswa dan siswi yang dapat dibuktikan dengan hasil rapot dari awal semester siswa tersebut masuk SMA hingga akhir semester. Seleksi ini bertaraf nasional sehingga jadwal penadftaran SNMPTN di snmptn.ac.id akan dibuka secara bersama-sama. Walau dibuka secara bersama, namun regulasi penerimaan akan berbeda dari universitas negeri satu dnegan universitas lainnya.

Pangkalan data sekolah dan data siswa (PDSS)

Pangkalan data sekolah dan data siswa atau yang dikenal dengan PDSS merupakan sebuah jejak atau basis data yang berisi terkait rekam dari jejak dan berkas kinerja sekolah di seluruh Indonesia dan prestasi akademik siswa yang mendaftar. Jika sekolah ingin agar siswa dan siswi mengikuti seleksi SNMPTN, maka sekolah tersebut wajib untuk memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN) yang nantinya akan berisi terkait data dari prestasi siswa di PDSS.

Nomor induk siswa nasional (NISN)

Jika siswa atau siswi anda ingin mengikuti seleksi SNMPTN, maka siswa yang berkaitan wajib memiliki NISN, selain itu siswa tersebut juga wajib memiliki prestasi yang unggul dan rekam jejak terkait prestasi akademik yang terlampir di PDSS SNMPTN.


Mekanisme dan jadwal pendaftaran SNMPTN di snmptn.ac.id

Untuk mengikuti seleksi SNMPTN, siswa harus mengikuti mekanisme yang sudah tersedia dan terlampir di website resmi snmptn. Informasi terkait mekanisme pun dilengkapi dengan jadwal pendaftaran SNMPTN di snmptn.ac.id. Anda wajib mengikuti seluruh cara dan metode yang sudah di tulis oleh pihak universitas. Mekanisme dan jadwal pendaftaran tersebut dapat disimak di informasi di bawah ini.

Daftar dan login di snmptn.ac.id

Siswa yang sudah memiliki NISN dan ingin mengikuti pendaftaran seleksi jalur SNMPTN, maka siswa tersebut wajib melakukan pendaftaran dengan menyertakan NISN di website resmi yaitu snmptn.ac.id. Setelah melakukan pendaftaran, siswa dapat melakukan log in dengan memasukan NISN dan passwork di portal tersebut. Setelah itu, siswa wajib mengisi formulir biodata, lalu program studi, unggah foto resmi dan lain sebaginya. Siswa wajib membaca keseluruhan informasi secara lengkap dan teliti.

Cetak kartu

Siswa seletah melakukan pendaftaran, wajib mencetak kartu yang akan digunakan sebagai bukti bahwa siswa dan sisiwi tersebut telah melakukan pendaftaran  snmptn.ac.id dan telah menyelesaikan pengisian formulir.

Jadwal pendaftaran SNMPTN tahun lalu (tahun 2018 belum dirilis) sumber snmptn.ac.id

Di website resmi pendaftaran SNMPTN 2017 telah dijelaskan terkait jadwa pendaftaran. Jadwal tersebut akan di mulai pada tanggal 14 Januari hingga 10 Februari terkait pengisian PDSS. Kedua, sekolah harus melakukan verifikasi PDSS pada tanggal 15 Januari hingga 12 Februari. Pendaftaran SNMPTN berbasis online dapat di ikuti pada tanggal 21 Februari hingga 6 maret 2017. Pencetakan kartu sebagai tanda bukti pendaftaran dapat dilakukan pada tanggal 14 Maret hingga 14 April 2017. Proses seleksi calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN akan di mulai pada tanggal 15 Maret hingga 15 April 2017. Lalu, yang terakhir adalah hasil dari pengumuman seleksi SNMPTN akan di umumkan pada tanggal 26 April 2017

Program studi SNMPTN 2018/2019

Siswa dapat memilih dua perguruan tinggi negeri dengan syarat slah satu universitas wajib berada di wilayah pendaftar. Siswa dapat mendaftar tiga program studi atau jurusan dengan syarat, satu perguruan tinggi maksimal 2 jurusan. Urutan dari Perguruan Tinggi Negeri dan program studi akan dinilai sebagai prioritas para pendaftar SNMPTN. Semua informasi terkait jurusan, fakultas dan universitas dapat dilihat secara lengkap dan jelas di snmptn.ac.id. Bagi anda, jika anda siswa atau siswi SMK, maka anda diizinkan untuk memiliki SMK yang relevan dan jurusan tersebut di tentukan oleh masing – masing PTN.

Artikel ini telah secara jelas dan cermat dalam memberikan informasi lengkap terkait mekanisme SNMPTN di snmptn.ac.id. Segala informasi terkait cara pendaftaran, ketentuan, syarat hingga jadwal pendaftaran SNMPTN di snmptn.ac.id akan menjadi dasar bagi para siswa dan siswi dalam melakukan proses seleksi. Siswa dan siswi tidak dapat melakukan kecurangan apapun seperti pemalsuan data, pemalsuan biodata dan lain-lain. Karena masing – masing universitas akan melakukan penelitian secara mendalam terkait para calon mahasiswa dan mahasiswi di universitas yang anda inginkan.

Posting Komentar

 
Copyright © 2018/2019 SNMPTN2018.Com Pengumuman SNMPTN 2018 Login PDSS Online
Powered byBlogger